Tutorial Mempercepat Windows8 Untuk Pemula

Post oleh : Unknown | Rilis : 10:50 PM | Series :
Apapun yang kita pikirkan tentang Windows 8 “Windows 8 itu pasti cepat. Windows 8 boot lebih cepat dari versi Windows sebelumnya, memiliki penggunaan memori yang lebih rendah, dan memiliki desktop yang terasa baik dan tajam. Seperti semua versi Windows, Windows 8 memiliki berbagai pengaturan, kita dapat men-tweak untuk mempercepat dan membuatnya lebih cepat.


Beberapa tips di sini juga berlaku untuk versi Windows sebelumnya, tetapi Windows 8 memiliki beberapa trik baru. Seperti biasa, ada trade-off saat menggunakan beberapa triks di bawah ini – tidak ada sihir tombol “Go Faster”.

1.Nonaktifkan Waktu-Hilangkan Animasi-animasi.


Windows 8 (dan Windows 7) menampilkan animasi bila kita Minimize, Maximaze, Open, atau Close aplikasi Windows. Animasi yang slick eye-candy, tetapi mereka memperkenalkan delay. Kita dapat menonaktifkan animasi dan window transisi secara instan menghilangkan delay.

Untuk menonaktifkan animasi-animasi, tekan tombol Windows, ketik SystemPerformanceProperties, dan tekanEnter. Hilangkan tanda centang pada pilihan Animate Windows When Minimazing and Maximizing. Kita juga mungkin ingin menonaktifkan beberapa animasi lainnya, seperti Fade or slide menus into view dan Fade or SlideToolTips into view. Ini akan membuat menu-menu dan tooltips snap untuk perhatikan bukannya dipudarkan dengan sebuah animasi.

2.Pinpoint AppsYang Sedang Menggunakan Banyak Sumber Daya.


New Task Manager Windows 8 yang memungkinkan kita untuk dengan mudah melakukan pinpoint pada program-progam yang sedang memperlambat komputer. Untuk membuka Task Manager, klik kanan dekstop taskbar dan pilih Task Manager. Klik pilihan Details jika tampilan antarmuka (interface)tidak terlihat penuh.

Aplikasi-aplikasi yang sedang menggunakan sumber daya(resources) akan tersorot(highlighted), sehingga mudah untuk melihat program-program mana yang sedang menggunakan sumber daya komputer. Daftar ini juga menunjukkan daftar sederhana dari aplikasi-aplikasi, yang mana akan lebih mudah untuk dipahami dan di singkirkar(skim) dari daftar Processes gaya lama (jika Anda memilih daftar Processes gaya lama, itu masih tersedia pada tab Details).

3.Pengaturan Startup Programs.


Windows Task Manager sekarang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menonaktifkan program-program yang jalan bersamaan pada saat komputer dihidupkan(startup). Klik tab Startup dalam Task Manager untuk mengakses pilihan-pilihan ini.

Windows juga menganalisa berapa lama waktu yang dibutuhkan masing-masing program untuk dimulai dan tampilan-tampilan informasi ini terdapat dalam kolom Startup impact. Pilih Program dan klik Disable/Enable pada kolom Status untuk mencegah jalan bersamaan dengan Windows, dan akan mempercepat proses startup komputer.

4.Gunakan Program Security Bawaan.


Alih-alih menginstal aplikasi Security pihak ketiga yang sering memperlambat komputer, coba gunakan aplikasiSecurity bawaan. Windows sekarang memiliki Antivirus bawaan – namanya Windows Defender, pada dasarnya sama populernya dengan aplikasi Microsoft Security Essentials.

Windows 8 juga mencakup fitur SmartScreen, yang menganalisa seberapa dipercaya program-program yang download yng kita download. Seperti pada versi sebelumnya dari Windows, Windows juga mencakup Firewallyang menghalangi koneksi yang masuk dari luar . Jika kita ingin memiliki pengaturan dan pilihan yang lebih dari bawaan, kita mungkin bisa menginstal sebuah aplikasi Security dari pihak ketiga – namun sebagian besar pengguna akan menemukan bahwa aplikasi Security bawaan Windows 8 akhirnya cukup lengkap untuk diandalkan.

5.Modifikasi Pengaturan Daya.


Windows 8 menggunakan Power Plans(perencana daya) untuk menentukan apakah Baterai atau kinerja harus diprioritaskan, seperti versi sebelumnya yang telah dilakukan Windows. Untuk melihat Power Plan Setting, tekan tombol Windows, ketik Power plan, klik Settings, dan tekan Enter.

Dalam default Balanced(recommended) mode, Windows secara otomatis mengurangi kecepatan CPU ketika kita memaksimalkan kecepatan yang tidak diperlukan. Ini akan menghemat daya. Untuk menghemat daya secara keseluruhan Power Saver pilihannya. Dalam mode High Performance, kecepatan CPU tidak akan pernah berkurang, tetap berjalan pada kecepatan penuh sepanjang waktu.

Namun, hal ini tidak selalu hal yang baik. Bahkan Komputer-komputer Gaming High Performance yang digunakan untuk web browsing dalam waktu singkat tidaklah masuk akal untuk menjalankan CPU dengan kecepatan penuh saat browsing web. Hal ini hanya membuang-buang daya dan menghasilkan panas tambahan.

Apapun Power plan yang terpilih, pastikan akan tidak menggunakan Power saver. Ini hanya berguna jika Anda ingin memeras sebesar mungkin daya tahan baterai dari sebuah laptop.

6.Aktifkan Sleep Mode.


Salah satu aspek Windows 8 yang paling kontroversial adalah cara mengubur pilihan Shut Down dalam Hidden Menu. Microsoft ingin mendorong Anda untuk menggunakan Sleepmode bukan mematikan komputer Anda. Bila menggunakan sleep mode, komputer berada dalam keadaan yang sangat rendah daya yang hanya cukup digunakan untuk menjaga program dan membuka file aktif dalam RAM komputer. Ketika kembali menggunakan komputer, dan komputer akan segera bangun(ON) dari Sleep mode.

Kita akan menemukan pilihan Sleep mode dibawah tombol power dalam Settings charm. (Tekan Windows Key + C, klik Settings, klik Power, dan pilih Sleep). Tombol power komputer juga dapat dikonfigurasi untuk menggunakan Sleep otomatis. Kita dapat mengubah opsi ini dengan klik opsi Choose what the power buttons do dalam Power Options yang telah disebutkan di atas.

7.Optimalkan Hard Drives.


Windows 8 termasuk didalamnya Disk Defragmenter standar, sekarang dinasmai Optimize Drives Tool. Untuk mengaksesnya, tekan tombol Windows, ketik Defragment –Settings – Enter. Catatan bahwa Windows 8 secara otomatis mengoptimalkan (defragments) drive sekali per minggu secara default. Namun, jika kita memindahkan banyak file, kita mungkin ingin mengoptimalkan drive lebih cepat dari jadwal default.

Seperti pada versi Windows sebelumnya, klik tombol Analyze untuk melihat persis bagaimana system-system file yang terfragmentasi.

8.Kontrol Windows Indexing


Windows index Services secara otomatis memindai(scan) file di komputer dan memonitor setiap ada perubahan, memungkinkan kita dengan cepat untuk mencari file tanpa menunggu. Proses Index ini menggunakan beberapa waktu CPU (dan menggunakan waktu CPU lebih jika kita sering mengubah banyak file) jadi menDisablenya dapat membantu mengurangi penggunaan CPU.

Ingatlah bahwa proses Index dapat mempercepat proses pencarian. Jika kita secara teratur menggunakan fiturSearch file-file dalam start screen atau fiturSearch dalam Windows Explorer, kita seharusnya hanya men Disable proses Index jika tidak menggunakan fitur Search

Untuk menDisable Windows Search, Start, ketik services.msc, dan tekan Enter. Scroll ke bawah dalam daftar, cari layanan Windows Search, klik kanan dan pilih Properties.

Mengatur Jenis kotak Startup untuk diDisable, klik tombol Stop untuk menghentikan Services, dan klik OK.


Alih-alih menDisable Index Service secara keseluruhan, kita juga mungkin ingin mengontrol mana folder Windows Search indeks. Secara default, mengIndeks Folder User. jika Anda memiliki beberapa folder penuh file yang tidak ingin kita cari, terutama yang sering berubah, kita mungkin ingin mengecualikan folder dari proses Index. Untuk mengontrol pengaturan ini, tekan tombol Windows, ketik Indexing, klik Settings, dan tekan Enter.


Sudah ada penjelasannya tinggal kita mempraktikkannya, ^_*

google+

linkedin